Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, December 31, 2019

Reframing kunci bahagia 24 jam sehari


Judul : Reframing kunci bahagia 24 jam sehari
Pengarang : RH Wiwoho
Tebal : 55 halaman
Kategori : Buku non fiksi

Buku ini akan mengubah Anda. Persisnya, mengubah sudut pandang Anda. Buku ini akan membuat Anda bahagia. Bahkan bahagia 24 jam sehari. Bukan dengan cara mengubah dunia sekitar Anda. Karena mengubah dunia Anda terlalu mahal dan terlalu lama. Dan hasilnya belum tentu membahagiakan Anda. Kadang, dunia tidak perlu berubah, tapi cara pandang Anda terhadap dunialah yang perlu berubah. Setiap hari Anda menjumpai keadaan yang bisa membahagiakan tapi bisa pula menyedihkan Anda, tergantung dari mana Anda memandangnya.

Misalnya, Anda habis olah raga pagi dan pulang ke rumah. Dimeja makan Anda mendapatkan setengah gelas air es. Anda bisa mengatakan: “Oh, sayang sekali cuma setengah gelas” atau “Ah, syukurlah masih ada setengah gelas”. Anda mengambil koran pagi dan di tajuk utamanya tertulis: Kurs dollar naik terus. Anda bisa mengatakan: “Oh, lagi-lagi saya salah investasi “atau  “Ah, mungkin inilah saatnya memulai ekspor lagi”.

Mengubah sudut pandang atau Reframing adalah hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan bukan barang baru. Orang sering menyebutnya sebagai berpikir positif, look at the bright side, petik manfaatnya, ambil hikmahnya dan istilah-istilah lainnya. Namun, orang tidak benar-benar menyadari bahwa teknik ini bisa dipelajari dan sangat membantu dalam banyak aspek kehidupan. Bila Anda seorang pebisnis teknik ini dapat dipakai untuk meningkatkan penjualan Anda. Untuk terapis teknik ini akan mempercepat waktu intervensi Anda. Bagi politisi ini akan membantu memperkaya argumentasi Anda. Dan bila Anda orang tua, teknik ini dapat dipakai untuk membangun keluarga yang harmonis, saling menghargai dan komunikatif.

Ini bukan buku tentang kiat atau tips, tapi tentang teknik dan strategi. Bagian satu sampai tiga mengupas pengertian perilaku, bagian-bagian dan tujuan di balik perilaku. Bagian keempat, teknik mengubah arti dan konteks. Bagian kelima, teknik melakukan enam langkah Reframing. Bagian enam, teknik negosiasi antar-bagian. Bagian ketujuh, yang merupakan ekspansi dari buku Reframing cetakan sebelumnya, membahas tentang kepiawaian bicara. Dan bagian terakhir, bagian kedelapan, menguak strategi hidup bahagia 24 jam sehari. Bacalah buku ini secara berurutan mulai dari bagian satu sampai bagian tujuh. Hindari cara membaca dengan melompat-lompat, karena ada keterkaitan erat antara satu bagian dengan bagian lainnya. Bacalah minimal dua kali sehingga Anda dapat menangkap pesan sesungguhnya dari buku ini.


No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu