Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, April 10, 2020

Buku dibawah lentera merah (soe hok gie)

Buku Di Bawah Lentera Merah karya Soe Hok Gie merupakan sebuah skripsi yang diajukan oleh Soe Hok Gie untuk menempuh ujian Sarjana Muda Jurusan Sejarah, Fakultas Sastra Universitas Indonesia.Selanjutnya karya tersebut diterbitkan oleh Yayasan Bentang Budaya pada tahun 1999. Buku tersebut terdiri atas lima bab, yaitu (1) Pendahuluan, (2) Latar Belakang Sosial, (3) Dari Kongres Nasional Central Sarekat Islam ke-2 sampai ke-3, (4) Dari Kongres Nasional CSI ke-3 sampai PKI, dan (5) Sekadar Catatan.
Sekilas mengenai isi dari Buku Di Bawah Lentera Merah yaitu membahas mengenai sejarah pergerakan Sarekat Islam Semarang pada awal abad 20-an antara tahun 1917-1920 yang mulai terarah pada pergerakan radikal revolusioner dan mengawali pergerakan kaum “Marxis” Indonesia hingga terbentuk sebuah partai yang beraliran Marxisme yaitu Partai Komunis Indonesia (PKI). Melalui sumber data-data yang diperoleh dari kliping-kliping koran antara tahun 1917-1920-an dan wawancara autentik terhadap tokoh-tokoh sejarah yang masih ada, Soe Hok Gie berusaha menyajikan karya yang memaparkan keadaan sosial, ekonomi, pendidikan, politik dan budaya pada masa periode krusial pergerakan nasional yang berfokus pada Sarekat Islam Semarang pada kurun waktu 1917-an (Gie, 1999).

Download ebook dibawah lentera merah.Pdf

No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu