Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, April 12, 2020

Fihi ma fihi


Salah satu karya fenomenal Rumi adalah kitab yang bertajuk “Fihi Ma Fihi”. Arti dari judul tersebut kurang lebih adalah “inilah yang sesungguhnya”. Dari segi judul, Rumi hendak memaparkan sebuah hakikat dari keterciptaan manusia dan kehidupan di dunia yang pada muaranya menuju kepada Sang Pencipta semesta alam. Dari segi judul itu pula Rumi melalui karyanya itu juga menyampaikan kedalaman pemikiran sufismenya.


Kedalaman sufismenya jelas tergambarkan dalam berbagai syair atau tulisannya. Salah satu benang merah yang bisa ditarik dari sufismenya adalah kesadaran akan kefanaan makhluk di hadapan Sang Khaliq. Lebih dari kesadaran daripada kefanaan, bahkan juga ketaatan yang berwujud cinta kepada Sang Khaliq.


Sebagaimana yang disampaikan Rumi bahwa semua hasrat (kecintaan dan kerinduan) kepada Tuhan yang sebenarnya adalah selubung yang menutupi mata manusia. Ketika manusia telah menjalani kehidupan di dunia ini dan melihat Rajanya tanpa ada selubung, mereka akan menyadari bahwa semua hasrat itu tidak lain merupakan selubung dan tabir, dan bahwa pengembaraan sejati mereka dalam realitas tertuju pada satu hal.

No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu