Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, April 13, 2020

Maria Al-Qibthiyah - Abdullah Hajjaj



Sepeninggal Khadijah RA, Rasulullah SAW menikah lagi. Namun, ia tak juga dikaruniai anak dari para istrinya. Padahal, anak-anak Beliau yaitu Abdullah, Qasim, dan Ruqayyah telah meninggal dunia.

Tak disangka, Rasulullah mendapatkan putra dari seorang wanita Koptik yang telah masuk Islam. Mariyah al-Qibthiyah. Banyak sumber mengatakan Rasulullah memerdekakan dan menikahi Mariyah, namun tidak jelas apakah suatu fakta historis atau apologi historis. Ibnul Qayyim menyatakan bahwa Mariyah hanya seorang selir.
 
Mariyah memiliki nama lengkap Mariyah binti Syama'un. Adapun nasab lain tidak banyak diketahui. Ia lahir di dataran tinggi Mesir yang bernama Hafn. Syama'un berasal dari suku Qibti. Ibunya merupakan penganut agama Masehi Romawi.Imam Al-Baladziri berkata, "Sebenarnya, ibunda Mariyah adalah keturunan bangsa Romawi. Mariyah mewarisi kecantikan ibunya sehingga memiliki kulit yang putih, berparas cantik, berpengetahuan luas."

No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu