Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, April 17, 2020

Nusa Jawa: Silang Budaya


Buku Nusa Jawa: Silang Budaya merangkul keseluruhan sejarah Pulau Jawa sambil menganalisis unsur-unsur dasar kebudayaannya. Penulis merintis sebuah pendekatan yang sangat orisinil--sejenis "geologi budaya"--dengan mengamati berbagai lapisan budaya, mulai dari yang tampak sampai yang terpendam dalam sejarah. Setiap lapisan budaya itu diuraikan sejarah perkembangannya, dan diulas unsur masyarakat yang mengembangkannya.
Pertama-tama dibahas unsur-unsur budaya modern, yaitu zaman pengaruh Eropa; kedua unsur budaya yang terbentuk sebagai dampak kedatangan agama Islam dan hubungannya dengan dunia Cina; dan tiga, unsur budaya yang dipengaruhi oleh peradaban India.

Prof. Denys Lombard mengajar sejarah Asia Tenggara di Paris. Lebih dari tiga puluh tahun ia meneliti sejarah kebudayaan Indonesia. Karyanya meliputi sejumlah besar buku dan artikel dalam berbagai bidang, antara lain sejarah Aceh, sejarah Jawa, masyarakat Cina pernakan, serta bahasa dan sastra Indonesia.

Download nusa jawa : silang budaya

No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu