Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, April 10, 2020

Pergolakan Pemikiran Islam: Catatan Harian Ahmad Wahib


Buku ini merupakan kumpulan dari catatan harian sang penulis semenjak tahun 1969 sampai dengan tahun 1973. Catatan-catatan itu merupakan hasil dari diskusi yang penulis ikuti bersama dengan teman-teman aktivisnya dan banyak hal mengenai pergolakan – pergolakan batin yang ia alami. Beberapa catatan yang ia tulis diantaranya;Pemahaman Islam Yang Dinamis. Ditulis pada tanggal 17 januari 1969. Penulis mengungkapkan “ saya pikir islam itu statis, sedang pemahamannya sosiologis dinamis. Maka  das sollen: filsafat islam itu universal dan abadi; das sein: berubah-ubah, yang menunjukkan bahwa konsep filsafat tersebut belum sempurna.” Menurut pandangan penulis, walaupun kita mengatakan diri kita sebagai penganut islam, belum tentu bahwa pikiran kita sudah berjalan sesuai dengan islam. Sering dengan tidak terasa kita telah berfikir sejaan dengan ide-ide lain. Saya pikir hal ini disebabkan oleh kevakuman filsafat islam. Akibatnya kita hanya menjadi muslim emosional.
Hal lain yang ditulis oleh penuls yaitu; sikap dasr kaum intelektual islam. Menurut penulis sikap dasar yang harus dimilikinoleh kaum intelektual islam yaitu“a posteriori” dan “single standard”. Ketajaman kritik kaum intelektual terhadap umat berhubung dengan general attitude-nya. Jangan sampai terjerumus pada sikap  a-priori salah dalam menghadapi suatu masalah. Selain itu juga harus dapat menjauhkan diri dari nilai ganda (double standard), nilai ganda yang memihak orang islam maupun nilai ganda yang memihak orang non-islam.Ada sebuah tulisan yang ditulis pada tanggal 26 maret 1969 yang berjudul; Perbedaan Macam-Macam Ilmuwan. Penulis menjelaskan ada beberapa tipe ilmuwan yaitu; social scientist, aplied natural scientist, dan pure natural scientist.

Download ebook Pergolakan Pemikiran Islam: Catatan Harian Ahmad Wahib.Pdf

No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu