Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, April 12, 2020

Subyek yang dikekang


Tulisan-tulisan dalam buku Subyek yang Dikekang adalah serangkaian ikhtiar untuk membicarakan kembali seksualitas manusia. Pemikiran empat filusuf diperkenalakn oleh empat akademisi: Julia Kristeva oleh Christina Siwi Handayani, Simone de Beauvior oleh Gadis Arivia, Michel Foucault oleh Haryatmoko, dan Jacques Lacan oleh Robertus Robet. Dari mereka kita mendapatkan betapa tidak sederhananyamasalah yang satu ini, dan betapa banyak pemikiran berbeda yang muncul darinya. Mereka meneguhkan betapa pentingnya manusia bebas, perempuan menjadi subyek atas dirinya sendiri, tubuh yang berdaulat sebagai modal perhitungan manusia.

Dari empat tulisan ini kita bukan hanya mendapatkan sebuah perkenalan singkat yang mengesankan, tetapi juga melihat bagaimana pemikiran-pemikiran itu berkaitan satu sama lain-dan yang tak bisa dilupakan, bagaimana mereka menjadi bahan telaah yang tak habis-habisnya oleh para kaum cerdik -cendikia di negeri kita ini. Dengan titik singgung di sana-sini pembicaraan tema ini telah menjadi lebih kaya dan membuka banyak kemungkinan penafsiran baru.

No comments:

Post a Comment

KKN Desa Penari

Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-ti...

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu